Friday, February 15, 2013

Ciri Ciri Manusia Remaja

Ciri-ciri remaja, apa saja?
a) Pertumbuhan fisik lebih cepat daripada masa anak-anak dan dewasa. Oleh karena itu pada masa ini remaja memerlukan banyak makan dan tidur.

b) Perkembangan seksual. Pada remaja laki-laki, alat reproduksinya mulai berfungsi, mengalami mimpi basah, buah jakun di leher menonjol, suaranya membesar, tumbuh kumis. Menginjak masa pubertas, anak lakilaki menjalani sirkumsisi atau sunat. Pada remaja perempuan, alat reproduksinya mulai berfungsi dengan ditandai datang bulan
(menstruasi), tumbuh jerawat di wajah, buah dada mulai tumbuh, pinggul melebar dan paha membesar.

c) Emosi meluap-luap. Pada saat sedih, akan mudah marah yang sangat hebat. Pada saat bergembira akan lupa diri, bahkan berani melanggar aturan moral atau agama.

d) Mulai tertarik lawan jenis, ditandai dengan perilaku pacaran. Remaja putri tidak puas mendapat perhatian remaja putra seusia, tetapi lebih menyukai laki-laki yang berusia di atasnya.

e) Senang menarik atau mencari perhatian dari lingkungan. Tertarik dengan kelompok. Pengaruh dari anggota kelompok kadang lebih kuat daripada pengaruh saudara atau orang tua.

Masa remaja disebut juga masa puber atau akil balig. Masa puber merupakan masa bangkitnya kepribadian, yaitu segala minatnya ditujukan pada perkembangan pribadi sendiri (Egosentris). Pubertas anak laki-laki terjadi sejak usia 12-18 tahun sedangkan anak perempuan pada usia 11-17 tahun. Anak laki-laki yang telah puber disebut seorang pria sedangkan seorang anak perempuan yang telah puber disebut seorang wanita.

Struktur dan fungsi alat reproduksi pada laki-laki yaitu: sperma dihasilkan oleh penis, kelenjar endokrin yang tergantung dalam suatu kantung (skrotum). Sel-sel sperma berkembang dalam epididimis, kemudian berjalan melewati dua tabung vas de ferens menuju kelenjar prostat, kemudian sperma memasuki uretra dan keluar lewat penis.

Struktur utama alat reproduksi wanita berupa vagina yang merupakan suatu mulut saluran otot yang terletak antara rektum dan uretra. Saluran leher yang sempit/serviks atau mulut rahim menuju rahim/uterus yaitu suatu organ otot yang berongga sebesar buah pir.

Saluran fallopi menghubungkan uterus dengan ovarium tempat telur dihasilkan. Payudara merupakan kelenjar penghasil air susu.

0 comments:

Post a Comment