Saturday, February 16, 2013

Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya

Dapatkah suatu makhluk hidup memenuhi kebutuhannya sendiri atau tidak tergantung pada makhluk hidup lain dan lingkungannya? Coba, kalian amati satu jenis tumbuhan yang ada di lingkunganmu.

Dari mana tumbuhan tersebut mendapatkan air dan unsur hara? Dari dalam tanah,
bukan? Selain itu, tumbuhan juga memerlukan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis. Tumbuhan melakukan fotosintesis untuk menyusun makanan. Dalam fotosintesis diperlukan bahan dasar yang berupa karbon dioksida dan air untuk menghasilkan makanan.

Dari proses fotosintesis tersebut dihasilkan juga oksigen yang dilepaskan ke udara dan digunakan oleh semua makhluk hidup. Tumbuhan membutuhkan air, tanah, udara, dan cahaya matahari untuk melangsungkan hidupnya. Demikian juga beberapa jenis hewan
memanfaatkan tumbuhan sebagai makanan serta menggunakan oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan. Kotoran hewan diuraikan oleh pengurai menjadi unsur-unsur hara yang dibutuhkan oleh tumbuhan.

Dari uraian tersebut dapat kita ketahui bahwa ada saling ketergantungan antara makhluk hidup satu dengan makhluk hidup yang lainnya dan antara makhluk hidup dengan lingkungan abiotiknya.

Interaksi antara komponen-komponen biotik
Tikus dan kelinci membutuhkan biji-bijian dan rumput sebagai makanannya. Rubah berburu tikus dan kelinci untuk makanannya. Contoh tersebut menunjukkan bahwa antara sesama komponen biotik saling membutuhkan.

Perpindahan energi makanan dari satu komponen biotik ke komponen biotik lainnya terjadi melalui peristiwa makan dan dimakan. Peristiwa makan dan dimakan antar komponen biotik dalam ekosistem membentuk suatu rantai makanan dan jaring-jaring
makanan.

Rantai makanan dan jaring-jaring makanan
Suatu rantai makanan meliputi pengubahan energi makanan dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain, jika melalui peristiwa makan dan dimakan. Aliran energi berjalan satu arah dari produsen ke konsumen. Variasi tingkat makanan dari produsen ke konsumen dalam suatu rantai makanan disebut tingkat tropik.

Interaksi antara komponen biotik dan abiotik
Apabila kamu menanam bunga di pot, maka agar tanamanmu tumbuh dengan baik kamu harus rajin menyiramnya, mengapa? Karena tanaman membutuhkan air. Apakah semua makhluk hidup membutuhkan air?

Coba, ingat kembali ciri-ciri makhluk hidup yang telah kamu pelajari. Air adalah komponen abiotik sehingga jelas bahwa makhluk hidup membutuhkan komponen abiotik untuk kelangsungan hidupnya.

Komponen abiotik apa saja yang dibutuhkan makhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya? Apakah komponen biotik juga memengaruhi komponen abiotik?

Tumbuhan yang besar dengan akar-akar yang kuat dan daun yang rimbun dapat membantu mencegah terjadinya erosi. Cacing tanah membuat rongga-rongga di dalam tanah dan memakan humus sehingga kotoran cacing masih mengandung humus yang menyuburkan tanah.

Piramida Makanan
Piramida makanan menggambarkan jumlah makhluk hidup pada setiap tropik di mana produsen mempunyai jumlah lebih besar dari konsumen I, jumlah konsumen I lebih besar dari konsumen II, jumlah konsumen II lebih besar dari konsumen III, dan seterusnya.

Bila keadaan tersebut dibuat gambar, maka akan terbentuk gambar dengan dasar lebar semakin ke atas semakin meruncing karena jumlahnya semakin kecil.

0 comments:

Post a Comment